Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Siswa OTKP pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK PGRI 1 Jombang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Meutia Nur Safitri
Durinta Puspasari

Abstract

Abstract :
This study aims to analyze the effect of using android-based learning media on student
learning outcomes of OTKP in Archiving subjects at SMK PGRI 1 Jombang. This
research is a type of research with a quantitative approach. The population in this study
were 105 students of class X OTKP, while the sample in this study was 83 students
using proportional random sampling technique. Data collection techniques in this study
were closed questionnaires, interviews, and documentation. The instrument testing
includes: instrument validity and instrument reliability. The data analysis techniques
used in this study are:classical assumption test which includes normality test and
heteroscedasticity test, and hypothesis testing using simple linear regression test. The
results showed that the results of simple liner regression analysis for a significance
value of 0,567. Which is the significance value is greater or > 0,05. Meanwhile, the tcount value is -0,575 and the t-table value is 1,993. Which means t-count < t-table or -
0,575 < 1,993, itu can be concluded that the use of android-based learning media has
no significant effect on student learning outcomes..
Keywords : android,learning media, student learning outcomes.



Abstrak :
Riset ini mempunyai tujuan dalam menganalisis pengaruh penggunaan media
pembelajaran berbasis androidterhadap hasil belajar siswa OTKPpada mata pelajaran
Kearsipan di SMK PGRI 1 Jombang. Riset ini ialah jenis riset dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi pada riset ini ialah siswa kelas X OTKPsebanyak 105 siswa,
sementara sampel pada riset ini sebanyak 83 siswa dengan mempergunakan teknik
proportional random sampling. Metode penghimpunan data pada riset ini adalahangket
tertutup, dokumentasi dan wawancara. Pengujian instrumen melingkupi: reliabilitas
instrumen dan validitas instrumen. Metode analisa data yang dipergunakan pada riset
ini adalah: pengujian asumsi klasik yang meliputi pengujian normalitas dan pengujian
heteroskedastisitas, serta pengujian hipotesis menggunakan pengujian regresi linier
sederhana. Hasil riset memperlihat bahwa hasil analisis regresi linier sederhana untuk
nilai signifikansi sejumlah 0,567. Yang mana nilai signifikansi tersebut lebih besar atau
> 0,05. Sementara nilai thitung sejumlah -0,575 dan nilai ttabel sejumlah 1,993. Yang
berarti thitung < ttabel atau -0,575 < 1,993, sehingga kseimpulannya bahwa pemakaian
media pembelajaran dengan basis android tidak berkorelasi dengan signifikan kepada
hasil belajar siswa.
Kata Kunci : android, media pembelajaran, hassil belajar siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nur Safitri, M., & Puspasari, D. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Siswa OTKP pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK PGRI 1 Jombang. Edunusa: Journal of Economics and Business Education, 2(2), 149–165. Retrieved from https://journal.inspirasi.or.id/edunusa/article/view/160

References

  1. Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Cetakan Ke). BP UNDIP.
  2. Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402–416.
  3. Hendikawati, P., Zuhair, M., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. 2, 917–927.
  4. Hidayati, N. A., & Pramusinto, H. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Typing Master Terhadap Kecepatan Mengetik 10 Jari Buta Pada Siswa Kelas X Smk Pgri 1 Mejobo Kudus Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 150–160.
  5. Hidayatullah1, Gusniwati, S. Si. M. Pd2, Dr. Buhaerah, M. P. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs YASRIB BATU-BATU PADA MASA COVID-19. Pi:Mathematics Education Journal, 4(1), 1–9.
  6. Jufri, A. W. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Sains Konstruktivistik. 176.
  7. Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77. https://media.neliti.com/media/publications/188212-ID-hubungan-antara-minat-belajar-dengan-has.pdf
  8. Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
  9. Marpaung, I. Y. O., & Siagian, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Proffesional 8 Kelas V Sd Swasta Namira. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1), 28–40. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i1.5003
  10. Muhammad, R. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1), 154–163.
  11. Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%2520Digital.pdf&ved=2ahUKEwj-oITXwpbpAhWf7HMBHYxmDaIQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw3FGMSFjUjBN9Rjdvb5NBzI&cshid
  12. Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
  13. Nurhasanah, S. (2017). Praktikum Statistika 2 Untuk Ekonomi dan Bisnis Apllikasi dengan MS Excel dan SPSS. Selemba Empat.
  14. Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
  15. Putra, R. S., Wijayati, N., & Widhi, F. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
  16. Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
  17. Ruziana, Imran, I. S. (2017). Analisis penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sman 1 teluk keramat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–8.
  18. Saepulloh, A., & Adeyadi, M. (2019). Aplikasi Scanner Berbasis Android Untuk Menampilkan Data Id Card Menggunakan Barcode. Jumantaka, 03(01), 101–110.
  19. Safhira, R., Sopian, F., Arfandi, A., Natsir, T., & Makassar, U. N. (2021). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI JURUSAN DPIB SMK NEGERI 3 MAKASSAR DI MASA PANDEMI COVID-19. 31–38.
  20. Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Fungky (ed.); Cetakan Pe). Uwais Inspirasi Indonesia.
  21. Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Fajar Interpratama Mandiri.
  22. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-23). Penerbit Alfabeta Bandung.
  23. Taher, O. M., & Pertama, W. (2014). http://sumut.kemenag.go.id/ 27/10/2014. 1–13.
  24. Tristanti, L. B., Akbar, S., & Rahayu, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10, 129–140.
  25. Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424