Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Motivasi Belajar dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi di SMK Negeri 2 Buduran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fuad Zuyyina Bardan
Suci Rohayati

Abstract

The study was carried out in order to examine how knowledge of accounting, motivation for learning, and learning intensity affected the learning outcomes of accounting practicum students at SMK Negeri 2 Buduran, class XI Accounting and Financial Institutions. The study was motivated by the students' lack of mastery of the subject of accounting practicum, their lack of intensity and enthusiasm for learning, and their learning outcomes were below average. In addition, the existence of an upcoming internship program is also a reason for researchers to conduct this research.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bardan, F. Z. ., & Rohayati, S. . (2024). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Motivasi Belajar dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi di SMK Negeri 2 Buduran. Edunusa: Journal of Economics and Business Education, 4(1), 1–9. Retrieved from https://journal.inspirasi.or.id/edunusa/article/view/236

References

  1. Fadila, D. O., & Listiadi, A. (2016). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi, Matematika Ekonomi Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 03(6), 1–8.
  2. Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Spss 25.
  3. Jariya, F. A., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dasar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Manufaktur Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3085–3096. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2507
  4. Mariahyati, I. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Mata Kuliah Akuntansi Perpajakan Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
  5. Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
  6. Nuzurah. (2013). Pengaruh Intensitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Elektro Pada Mata Pelajaran Pemasangan Instalas Bangunan Sederhana Di Smk Negeri 2 Baubau. Engineering Education Journal, 01.
  7. Octaviana, L., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Pengantar Akuntansi Dan Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Pemoderasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2001–2011. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/741
  8. Purmadi, A. (2016). Hubungan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 77–85.
  9. Putra, V. W. Diny, & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Motivasi, Minat, Dan Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pengantar Akuntansi Dan Keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 8(3), 105–116. Https://Doi.Org/10.26740/Jpak.V8n3.P17-28
  10. Rahmatika, F., & Susilowibowo, J. (2016). Pengaruh Penguasaan Akuntansi Dasar, Kosa Kata Bahasa Inggris Akuntansi, Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Myob Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(3), 1–7.
  11. Riyanto, D., & Aziza, M. (2020). Analisis Intensitas Belajar Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 325–335. Https://Doi.Org/10.23960/Mtk/V8i2.Pp325-335
  12. Syarifuddin, S., Aisyah, S., & Triana, Y. (2021). Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 278–288. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1700
  13. Ziyadatur Rifah, S. R. (2015). Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Dan Keuangan Pada Siswa Kelas X Akuntansi Di Smk Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2.