Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pengunjung Wisata Taman Ghanjaran Kabupaten Mojokerto

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Aqil Muhsin Al Romdany
Sri Setyo Iriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan pengunjung Taman Ghanjaran Kabupaten Mojokerto. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang bersumber dari data primer melalui penyebaran kuesioner secara luring. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Taman Ghanjaran. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Accidental Sampling yang mana orang yang bertemu secara kebetulan dapat dijadikan sampel apabila dirasa orang yang ditemui secara kebetulan tersebut cocok sebagai sumber data. Data dianalisis menggunakan SEM-PLS dan dihitung dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pengunjung. Kepuasan pengunjung berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas. Oleh karena itu, BUMDes Ketapanrame sebagai pihak pengelola Wisata Taman Ghanjaran di Kabupaten Mojokerto harus selalu memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengunjung Wisata Taman Ghanjaran untuk menjaga loyalitas pengunjung agar nantinya dapat berkunjung, kemudian meningkatkan kepuasan pengunjung dengan menyediakan fasilitas dan pelayanan yang memadai sehingga pengunjung merasa puas dengan pelayanan dari Wisata Taman Ghanjaran

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Al Romdany, M. A. M. ., & Iriani, S. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pengunjung Wisata Taman Ghanjaran Kabupaten Mojokerto. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 3(2), 87–98. Retrieved from https://journal.inspirasi.or.id/nomicpedia/article/view/231

References

  1. Akroush, M. N., Jraisat, L. E., Kurdieh, D. J., AL-Faouri, R. N., & Qatu, L. T. (2016). Tourism Service Quality and Destination Loyalty – The Mediating Role of Destination Image From International Tourists’ Perspectives. Tourism Review, 71(1), 18–44. https://doi.org/10.1108/TR-11-2014-0057
  2. Ali, F., Khan, A., & Rehman, F. (2012). An Assessment of The Service Quality Using Gap Analysis: A Study Conducted at Chitral, Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(3), 259–266.
  3. Ali, M., Puah, C. H., Ayob, N., & Raza, S. A. (2020). Factors Influencing Tourist’s Satisfaction, Loyalty and Word of Mouth in Selection of Local Foods in Pakistan. British Food Journal, 122(6), 2021–2043. https://doi.org/10.1108/BFJ-11-2018-0728
  4. Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Rajawali Press.
  5. Ayu, M. N. S., & Bagus, I. P. W. (2020). Implikasi Kebijakan PSBB dan Protokol Kesehatan COVID-19 Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung ke Bali. Jurnal Kertha Desa, 9(5), 45–57.
  6. Azizah, H. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah. Management Analysis Journal, 1(2), 22–28.
  7. Bisnis.com. (2021). Sektor Pariwisata Akan Jadi Sektor Terakhir yang Pulih Sebab Pandemi.
  8. BPS. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 Terhadap Pelaku Usaha. BPS.
  9. Cronin, J. J., & Taylor, S. A. (1992). Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. Journal of Marketing, 56(3), 55. https://doi.org/10.2307/1252296
  10. Dameria, I. (2016). Pengaruh Loyalitas konsumen Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Gerai Indomaret di Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Jurnal Aplikasi Administrasi, 19(2), 100–109.
  11. Darwin, S., & Sondang, Y. (2019). Analisis pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia – Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–12.
  12. Familiar, K., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4), 348–354.
  13. Griffin, J. (1995). Customer Loyalty, How To Earn It, How To Keep It. Lexington Book.
  14. Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882–897.
  15. Hidajahningtyas, N., Sularso, A., & Suroso, I. (2013a). Pengaruh Citra, Kualitas Layanan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Kabupaten Jember. JEAM (Jurnal Ekonomi, Administrasi, Dan Manajemen), 12(1), 39–53.
  16. Hidajahningtyas, N., Sularso, A., & Suroso, I. (2013b). Pengaruh Citra, Kualitas Layanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, XII(1), 39–53. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1183/946
  17. Iskamto, D., Risman, & Alwifari, A. (2016). Industri Keuangan Bank Syariah Nasional Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 1–9.
  18. KEMENKOPMK. (2020). Pemerintah Atasi Dampak Ekonomi Covid-19 dimulai dari Akar Rumput.
  19. Kompas.com. (2020). Akibat Pandemi, Pendapatan Devisa Sektor Pariwisata Turun.
  20. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Prentice Hall.
  21. Kulsum, U., Yanuar, T., & Syah, R. (2018). The Effect of Service Quality on The Patient Satisfaction. International Journal of Modern Trends in Engineering & Research, 5(6), 34–36. https://doi.org/10.21884/ijmter.2018.5167.hztsj
  22. Li, H., Aham-Anyanwu, N., Tevrizci, C., & Luo, X. (2015). The Interplay Between Value and Service Quality Experience: E-Loyalty Development Process Through The eTailQ Scale and Value Perception. Electronic Commerce Research, 15(4), 585–615. https://doi.org/10.1007/s10660-015-9202-7
  23. Livana, P. H., Suwoso, R. H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). Dampka Pandemi COVID-19 Bagi Perekonomian Masyarakat Desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37–48.
  24. Margaret, A. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Noodle Inc. Mie Dimsum Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2), 1–23.
  25. Michelle, M., & Siagian, H. (2019). Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Cafe. Agora, 7(1), 1–5.
  26. Nasution, M. A., & Siregar, Z. M. E. (2021). Strengthening BUMDes Through Customer Satisfaction and Loyalty as The Defense of the BUMDes Business in Indonesia Post-Covid-19. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 3962–3970. https://doi.org/10.33258/birci.v4i3.2164
  27. Parra-Lopez, E., Martínez-gonzález, J. A., & Chinea-Martin, A. (2018). Drivers of The Formation of E-Loyalty Towards Tourism Destinations. European Journal of Management and Business Economics, 27(1), 66–82. https://doi.org/10.1108/EJMBE-11-2017-0050
  28. Pereira, D., Sukaatmadja, N. G. K., & Giantari, I. P. G. (2016). Pengaruh Service Quality Terhadap Satisfaction Dan Customer Loyalty Koperasi Dadirah Di Dili Timor-Leste. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(3), 463.
  29. Priyanto, R., Hermawan, H., Nurhalimah, & Suryana. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas (Studi di Ciater Spa Resort). Upajiwa Dewantara, 2(2), 99–111.
  30. Putra, I. K. A. M. P., Wimba, I. G. A., & Susanti, P. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV. Jaya Utama Teknik di Kabupaten Badung. In Widya Amrita (pp. 1279–1291). https://doi.org/10.1016/B978-012370624-9/50005-0
  31. Rachmawati, R. (2014). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (Sebuah kajian terhadap bisnis makanan). Teknobuga, 1(1), 66–79. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/6404
  32. Rashid, A., Hassan, F., & Ahmad, K. (2020). Post Covid-19 Online Business Strategies by Small-Scale Entrepreneurs in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(9), 564–571. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10-i9/7635
  33. Satryawati, E. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan E- Commerce. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 4(1), 36–52. https://doi.org/10.37012/jtik.v4i1.284
  34. Setyawati, R. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Cafe Just 4 Fun Balikpapan. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 1(1), 57–63.
  35. Subawa, I. G. B., & Sulistyawati, E. (2020). Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. 9(2), 718–736.
  36. Sucihati, S., & Suhartini, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Di Pt. Asuransi Ramayana Serang. Jurnal Manajemen Perusahaan: JUMPA, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.30656/jumpa.v1i1.4563
  37. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.
  38. Sukmamedian, H., & Lapotulo, N. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Museum Nasional Jakarta. Jurnal Mekar, 1(1), 34–40.
  39. Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 1291–1301.
  40. Thungasal, C. E., & Siagian, H. (2019). Pengaruh Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Hotel Kasuari. Agora, 7(1), 1–7.
  41. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Service, Quality and Satisfaction. Penerbit ANDI.
  42. World Bank. (2020). East Asia and Pacific in The Time of COVID-19 (1st ed.). World Bank.
  43. Yudiadari, N. K. P., & Agustina, M. D. P. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Unit Simpan – Pinjam Bumdes Dana Merta Desa Tangkup Kabupaten Karangasem. Widya Amrita, 1(1), 216–232. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1165
  44. Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2009). Services Marketing - Integrating Customer Focus Across The Firm (5th ed.). McGraw Hill.